Pengertian Digital Printing, Revolusi dalam Percetakan

Sejak  Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak tahun 1440, industri percetakan terus mengalami peningkatan dan perbaikan kualitas. Sebelum itu, banyak buku dan informasi yang harus ditulis menggunakan tangan hingga butuh waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan satu buku saja. Apa yang telah dilakukan Johannes Gutenberg telah mengubah dunia terutama penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan. Mesin cetak yang dibuat Johannes Gutenberg pada awalnya yang berupa susunan huruf dari timah yang menonjol dan dilumuri tinta, ditekan ke kertas hingga membentuk citra di atasnya. Cara ini kemudian disempurnakan dengan mesin cetak yang menggunakan film dan plat dengan kualitas yang lebih baik dan hasil kerja yang jauh lebih cepat. Namun demikian, cara ini pun ternyata dianggap masih terlalu lambat dan merepotkan untuk saat ini. Maka digagaslah sebuah percetakan berbasis digital untuk memangkas proses percetakan sistem plat tersebut yang saat ini kita kenal sebagai digital prinitng, sebuah bentuk revolusi dalam dunia percetakan.

Pengertian Digital Printing, Revolusi dalam Percetakan

Source via infocetak.com

Sebenarnya, apa itu digital printing? Digital printing bisa adalah perbaikan sistem percetakan manual dengan proses pra cetak yang melelahkan menjadi sistem cetak yang ringkas dan cepat. Cara kerja digital printing pada dasarnya sama dengan mencetak dokumen kantor dengan menggunakan printer. Semudah itu memang. Di mana objek yang hendak dicetak seluruhnya diproses dalam desain komputer untuk kemudian dicetak dengan hasil yang kurang lebih sama dengan desain yang telah dibuat. Hal ini dipandang lebih hemat dan cepat daripada percetakan sistem plat yang populer tahun 1970-an. Pada percetakan sistem plat, proses percetakan dimulai dari pembuatan desain yang menggunakan garis, objek, dan tipografi yang seluruhnya dilakukan dengan tangan. Desain ini kemudian di-afdruk di kamar gelap untuk dijadikan film yang kemudian diaplikasikan di atas plat aluminium sebagai dasar cetakan. Semua itu berlaku hanya untuk 1 warna. Untuk warna yang lain, maka proses yang sama dilakukan lagi berulang-ulang.

Simak juga artikel ini : Metode Digital Printing dan Segala Kelebihannya

Seluk-beluk Digital Printing

Dalam digital printing hal yang paling utama untuk melakukan percetakan itu adalah mesin cetak. Mesin cetak ini mengadopsi mesin cetak dokumen kantor dengan ukuran lebih besar dan kualitas yang lebih baik untuk dicetak di berbagai media. Cara kerja mesin ini cukup sederhana di mana desain yang akan dicetak dihubungkan dengan mesin cetak untuk kemudian dicetak. Lebih jauh tentang seluk-beluk apa itu digital printing, dapat dijelaskan berikut.

 

Seluk-beluk Digital Printing

Source via : wikipedia.com

1. Ringkas

Pada digital printing, pekerjaan mencetak jadi lebih mudah, mengingat semua proses berbasis digital. Artinya semua pekerjaan pra cetak yang merepotkan itu dapat dipermudah hanya dalam satu desain. Tak ada pemisahan warna yang berisiko gagal atau percetakan berulang kali untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus. Dalam sistem ini, semua berjalan hanya dalam satu klik. Percetakan ini bahkan dapat mencetak desain melalui file yang dikirim via Whatsapp, email, bluetooth. Sistem inilah yang kemudian dengan sangat cepat menggerus percetakan manual yang masih mengandalkan plat.

2. Cepat dan Hemat

Pada digital priniting, objek yang dicetak tidak harus ratusan eksemplar seperti pada percetakan manual, pada sistem ini bahkan dapat mencetak hanya satu eksemplar saja. Hal yang menggembirakan adalah kecepatan dalam mencetak. Berbeda dengan percetakan manual yang membutuhkan waktu berminggu-minggu, pada percetakan ini seorang pelanggan dapat menunggu hasil cetaknya saat itu juga. Kecepatan inilah yang turut membunuh dengan cepat percetakan manual. Fakta-fakta inilah yang kemudian menjadikan digital printing sangat penting pada sistem cetak yang lebih baik di waktu mendatang.

Gimana? Cukup jelaskan penjelasan di atas. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan soal “apa itu digital printing?”.





Comments are Closed

© 2020 Produksi Tali ID Card | Supported by: Jayawebsite.com