Mengenal Mesin Cetak Dan Fungsinya

 

Mengenal Mesin Cetak Dan Fungsinya

source via : infocetak.com

Meningkatnya kebutuhan akan produk yang dicetak, menjadi alasan berkembangnya produsen mesin cetak. Jika dahulu hanya dikenal percetakan manual atau sablon, sekarang sudah banyak ragamnya sesuai dengan kegunaannya dan pastinya makin canggih. Anda yang mau menggeluti bisnis percetakan, atau menggunakan jasa percetakan, ada baiknya mengenal macam macam mesin cetak dan fungsinya.

Ini Dia macam macam mesin cetak dan fungsinya

source via : bengkelprint.co.id

 

Ini Dia macam macam mesin cetak dan fungsinya

Kalau dilihat dari jenis dan fungsinya ada lima mesin percetakan yang biasa digunakan. Ada yang namanya mesin offset, mesin digital printing, gravure dan mesin flexography. Anda bisa memilih mana yang paling tepat untuk bisnis Anda.

1. Mesin Offset

Merupakan salah satu dari berbagai mesin cetak yang paling banyak digunakan pada bisnis percetakan. Biasanya dipakai pada order produk jumlah banyak, baik itu pamflet, baju, brosur dan masih banyak. Prosesnya dimulai dari memindahkan huruf, angka atau gambar pada blanket menggunakan master atau paper plate, lalu dicetak secara massal.

Fungsi dari mesin ini adalah untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak dan dengan waktu yang sangat cepat. Selain itu juga bisa mencetak foto dan gambar apapun yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mesin ini juga memiliki kelebihan dengan jenis cetakan yang beragam, begitu juga dengan jenis tinta yang dipakai juga bisa bervariasi.

2. Mesin Digital Printing

Kalau mesin ini merupakan versi digital dari mesin cetak yang sudah ada. Di mana proses penggunaannya berbasis sistem otomatis dan komputer. Mulai dari menentukan desain pada komputer, kemudian diaplikasikan melalui mesin ini, dengan pengaturan yang sangat mudah dilakukan dan produk yang dihasilkan juga lebih berkualitas.

Fungsi dari mesin ini adalah untuk mencetak tulisan atau gambar pada berbagai media seperti kertas, plastik, baju hingga gelas dan souvenir. Kelebihan mesin ini adalah dapat mencetak dalam jumlah banyak. Mesin ini juga memiliki beberapa jenis seperti indoor, outdoor, photographic, textile dan banyak lagi.

3. Mesin Gravure

Adalah mesin cetak ukiran yang biasa digunakan oleh pebisnis furniture dan sejenisnya. Cara menggunakan mesin ini dengan membuat pola motif pada bidang yang sudah disiapkan, kemudian media cetak disiapkan untuk menerima desain tersebut lalu mesin pun mulai bekerja memindahkan motif ukiran pada media cetak.

Simak Juga artikel ini : Pengertian Digital Printing, Revolusi dalam Percetakan

Kalau mengkaji macam macam mesin cetak dan fungsinya, mesin gravure bermanfaat untuk menciptakan ukiran yang tajam dan jelas pada media ukir. Selain itu juga meminimalisir kesalahan ukir seperti yang sering terjadi pada proses pengukiran manual.

4. Mesin Flexography

Digunakan untuk proses cetak pada kemasan sebuah produk, baik yang menggunakan media plastik, karung, kertas, hingga kertas berbahan karung. Proses penggunaannya sama dengan mesin cetak lainnya di mana motif akan dilekatkan pada media cetak sehingga menghasilkan perpaduan huruf dan gambar yang jelas dan tahan lama.

Mesin ini juga hampir sama dengan mesin cetak lainnya, di mana kegunaannya adalah mempermudah pembuatan kemasan produk, kemudian mencegah terjadinya salah tulisan atau kerusakan pada media cetak, dan membantu proses pencetakan agar lebih mudah dan cepat.

Setelah mengetahui macam macam mesin cetak dan fungsinya di atas maka Anda akan lebih mudah memilih mana mesin yang akan digunakan untuk menunjang bisnis percetakan yang digeluti. Walaupun harganya terbilang mahal, tapi dari segi fungsi dan keunggulan akan sebanding nantinya dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.





Comments are Closed

© 2020 Produksi Tali ID Card | Supported by: Jayawebsite.com