Kenali Bahan Utama Untuk Membuat Gelang Wristband

Kenali Bahan Utama Untuk Membuat Gelang Wristband

Untuk menghasilkan sebuah gelang wristband berkualitas tentunya dibutuhkan bahan-bahan baku pembuatan yang berkualitas juga. Apalagi kalau pembuatannya bertujuan bisnis, tentu pebisnis tak ingin mengecewakan konsumen. Berikut ini informasi lengkap bahan utama apa saja yang dibutuhkan untuk membuat gelang tersebut, agar kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan kreasi sesukamu.

Tiga Bahan Utama Gelang Wristband

Untuk membuat sebuah gelang wristband dibutuhkan tiga bahan utama yaitu bubuk karet, air, dan pewarna khusus untuk pembuatan gelang. Kamu bisa membelinya di toko percetakan gelang. Pastikan semua bahan ada agar proses pembuatannya benar-benar maksimal. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan bahan ini juga tidak terlalu mahal dan nyaman di kantong.

1. Bubuk karet

Kamu harus memilih bubuk karet yang 100 persen terbuat dari silikon. Hal itu karena hasilnya akan lebih bagus, awet, tidak akan luntur, dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit jika dipakai dalam waktu yang lama. Bubuk karet berkualitas ditandai dengan butirannya yang kering dan tidak berbau dan tidak lengket.

2. Air

Air dengan suhu ruangan dibutuhkan untuk membuat larutan karet yang akan dipakai untuk membuat gelang wristband. Biasanya jumlahnya disesuaikan dengan berapa banyak bubuk karet yang dipakai. Semakin banyak bubuk karet maka air yang digunakan akan semakin banyak juga agar kekentalan karet jadi sempurna.

3. Pewarna

Pewarna yang dipakai adalah pewarna khusus untuk karet yang langsung menyatu saat dicampurkan dengan karet. Banyak pilihan warna yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk membuat tiket gelang biasanya dipilih yang mencolok dan mudah dikenali. Contohnya merah, kuning, biru, pink, hingga hijau terang atau metalik.

Baca juga : Fungsi Utama Gelang Wristband Bagi Penggunanya

Jumlah pewarna yang dipakai disesuaikan dengan tingkat warna yang diinginkan. Kamu juga dapat memadukan beberapa warna untuk menciptakan kreasimu sendiri.

Bagaimana Cara Memadukan Bahan Utama Menjadi Gelang?

Untuk pembuatan dengan prosedur yang mudah, kamu cukup mencampurkan bubuk karet, air, dan pewarna yang dipilih dengan perbandingan yang tepat sehingga tercipta kekentalan karet yang pas untuk pembuatan gelang. Pada proses ini kamu bisa mencampurkan ketiga bahan pada satu buah baskom khusus dan diaduk menggunakan sendok atau spatula.

Jika sudah tercampur sempurna, kamu bisa menggunakannya untuk mencetak gelang. Caranya adalah memanaskan terlebih dahulu lempeng besi berbentuk persegi sebagai alas cetakan di atas kompor. Kemudian masukkan bubuk karet ke dalam cetakan gelang, baik itu cetakan manual biasa, embossed yang paling sering dipilih untuk tiket gelang, atau cetakan timbul, debossed cetakan tenggelam.

Setelah lempeng besi panas sempurna, kamu tinggal letakkan cetakan di atasnya selama tiga menit, kemudian balikkan posisi cetakan dan tunggu tiga menit lagi agar semua bagian gelang matang sempurna. Langkah terakhir adalah langsung masukkan cetakan ke dalam baskom berisi air dingin, agar proses gelang menjadi dingin lebih cepat dan tidak lengket pada cetakan.

Setelah dingin, maka kamu bisa mengambil gelang dari dalam cetakan dengan cara mencabutnya dengan tangan atau pinset khusus. Jika kamu melakukan langkahnya dengan benar maka gelang yang dihasilkan akan sangat bagus dan kamu bisa juga mencoba bisnis ini karena banyak yang mencari gelang terutama untuk tiket gelang yang sedang booming.

Sangat penting untuk mengetahui bahan utama pembuatan gelang wristband karena dengan demikian kamu bisa mencoba sendiri. Kalau berhasil tentu akan menjadi nilai plus untukmu yang ingin punya banyak gelang jenis ini. Apalagi kalau kamu yang berjiwa bisnis, pastinya sudah tergambar peluang keuntungan dengan menjadikannya produk bisnis bukan?





Comments are Closed

© 2020 Produksi Tali ID Card | Supported by: Jayawebsite.com