Inilah 2 Proses Paling Utama dalam Pembuatan Tali Lanyard

Inilah 2 Proses Paling Utama dalam Pembuatan Tali Lanyard

Tali lanyard atau tali ID card merupakan aksesoris yang begitu akrab dengan keseharian kita. Terlebih jika kalian merupakan pekerja kantoran, pasti memiliki tali lanyard tersebut. Namun bagi sebagian orang, masih ada yang kurang paham tentang tali lanyard. Sebenarnya fungsi dari tali lanyard yaitu untuk menggantungkan kartu ID atau kartu tanda pengenal. Kemudian cara pemakaiannya hanya dilingkarkan ke bagian leher dan bagian ujung tali terdapat pengait untuk ID card. Selain itu, aksesoris pelengkap ini umumnya memiliki tampilan khusus bagi setiap perusahaan. Misalkan saja tali lanyard diberi warna khas suatu perusahaan, kemudian di bagian tali lanyard terdapat simbol dan nama perusahaan.

Mudahnya Pembuatan Tali Lanyard Untuk ID Card

Saat ini hampir setiap perusahaan pasti memberikan tali ID card kepada seluruh karyawannya. Karyawan yang menggunakan atribut tersebut pun menjadi lebih bangga dan percaya diri. Mengapa? karena dengan adanya atribut tersebut dapat menunjukkan kepada setiap orang di mana tempat mereka bekerja. Selain itu, penggunaan atribut tali lanyard pun akan memberikan tampilan yang lebih menarik dan menyempurnakan gaya fashion para penggunanya.

Tali lanyard pun ternyata memberi keuntungan bagi perusahaan. Pasalnya secara tidak langsung atribut yang digunakan para karyawan dapat mengenalkan nama perusahaan di masyarakat luas. Tak heran saat ini banyak perusahaan baru yang saling berlomba-lomba untuk membuat tali lanyard dengan desain terbaik. Untuk pembuatan tali lanyard sebenarnya sangat simple, yaitu proses desain dan proses cetak.  Beginilah penjelasannya:

1. Proses desain

Proses pembuatan tali ID card  yang pertama yaitu memikirkan desainnya. Dalam tahapan ini pihak perusahaan dan pihak percetakan harus saling menyatukan pikiran dalam menentukan desainnya. Pastikan tali lanyard yang akan dicetak nantinya telah memiliki ciri khas tersendiri bagi sebuah perusahaan. Mulai dari warna yang dipilih hingga simbol yang akan dicetak pada tali lanyard. Jika kalian merupakan seseorang yang berada di dunia DKV, pasti dapat menyelesaikan proses desain dengan cepat. Akan tetapi, jika kalian tidak berkutat dalam dunia tersebut, maka serahkan saja kepada pihak desain grafis dari pihak percetakan.

2. Proses cetak

Ketika sudah menentukan desain untuk tali ID card, maka sekarang yang harus dilakukan adalah melakukan proses cetak. Untuk proses cetak sendiri dapat mengandalkan dua metode. Metode yang pertama adalah printing dan metode yang kedua adalah manual. Untuk metode digital printing ini akan mengandalkan berbagai peralatan cetak modern. Pertama-tama desain dicetak dahulu pada sebuah kertas dengan tinta khusus. Jika sudah maka hasil cetakan digunakan untuk mentransfer desain ke tali polos berwarna putih. Proses transfer ke sebuah kertas dilakukan dengan menggunakan mesin press. Kemudian untuk metode printing ini menggunakan 2 alat, yaitu printer dan mesin press.

Untuk metode yang kedua adalah sablon manual. Mendengar kata sablon, pasti kalian sudah sangat familiar bukan? ini merupakan metode yang dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia. Setelah desain tali lanyard sudah selesai, maka desain tersebut langsung diprint pada sebuah kertas. Hasil print itulah yang nantinya digunakan untuk membuat film di screen. Kemudian ada sejumlah larutan yang akan digunakan agar film sablon manual dapat menempel secara sempurna. Meski teknik membuat tali ID card  tersedia dalam 2 macam, namun saat ini kebanyakan kantor percetakan akan menggunakan metode digital printing karena lebih efektif dan hasilnya maksimal.





Comments are Closed

© 2020 Produksi Tali ID Card | Supported by: Jayawebsite.com